https://cdn.amg.id/www/assets/amg/news/96aba5b8483ee5393e7e8e9fa2275fea.jpeg

Alternative Media Group dan Comika Jalin Kerja Sama Strategis, Perluas Akses Stand Up Comedy di Media Luar Griya

Admin 05 Agustus 2025

Inovasi konten dalam industri media luar griya terus mengalami pergeseran arah. Tak hanya sebagai alat penyampai iklan, media kini dituntut untuk menghadirkan pengalaman yang lebih engaging, humanis, dan relevan dengan kehidupan audiens sehari-hari. Menjawab kebutuhan ini, AMG (Alternative Media Group), sebagai salah satu penyedia media luar griya terkemuka, menjalin kolaborasi strategis bersama Comika sebagai platform komedi digital milik Pandji Pragiwaksono.

Kolaborasi ini menjadi angin segar dalam dunia periklanan luar griya. Pasalnya, untuk pertama kalinya, konten-konten stand-up comedy karya para komika Indonesia hadir secara rutin di layar-layar digital milik AMG yang tersebar di dalam gedung perkantoran, lift, hingga lorong-lorong gedung komersial.

“Media kami tersebar hampir di semua touchpoint kegiatan sehari-hari, baik indoor maupun outdoor. Tapi kami menyadari, kalau media hanya dijadikan wadah pasang iklan semata, rasanya belum cukup lengkap. Perlu ada nilai tambah berupa konten yang bisa membuat audiens terhubung secara emosional. Dan kami percaya, komedi adalah salah satu jawabannya,” ujar Megain Widjaja, Founder Alternative Media Group.

Melalui kerja sama ini, AMG menyajikan potongan materi stand-up comedy pilihan dari para komika yang tergabung di bawah naungan Comika. Potongan video berdurasi singkat ini diputar dalam loop konten AMG, dan telah disesuaikan dengan kebutuhan waktu, mood, serta konteks lingkungan penonton misalnya, penayangan di jam makan siang, saat pulang kerja, atau ketika orang sedang menunggu lift.

Tujuan utamanya bukan sekadar hiburan. AMG melihat peluang bahwa stand-up comedy adalah bentuk komunikasi sosial yang kuat dan mampu membangun keterikatan (engagement) dengan audiens. Maka dari itu, pendekatan ini diposisikan sebagai bagian dari strategi konten ‘audience-first’, di mana kebutuhan psikologis audiens dalam hal ini hiburan ringan namun cerdas yang menjadi prioritas utama.

Tak hanya itu, AMG juga ingin berperan sebagai salah satu kanal distribusi baru bagi para komika Indonesia. “Selama ini kita lihat stand-up hanya bisa dinikmati di panggung, YouTube, atau OTT. Tapi dengan masuk ke layar-layar publik seperti di lift atau koridor gedung, komedi jadi bisa hadir di ruang-ruang yang tak biasa. Ini membuka pasar baru untuk para komika,” tambah Megain Widjaja.

Dari sisi Comika, kerja sama ini menjadi bentuk ekspansi distribusi konten yang tepat sasaran. “Kami selalu mencari cara agar stand-up comedy bisa dinikmati oleh lebih banyak orang, lebih sering, dan di tempat-tempat yang tidak terduga. Dan kami lihat AMG punya platform yang ideal untuk itu,” kata Pandji Pragiwaksono, pendiri Comika.

Sejak awal, AMG memang gencar menciptakan konten-konten orisinil di luar iklan. Salah satunya adalah kanal #IniDiaCaranya yaitu sebuah seri tips dan trik yang ringan namun relatable, membahas seputar kehidupan perkantoran seperti cara menjaga kesegaran mulut sebelum rapat atau gaya berpakaian agar terlihat keren. Selain itu, AMG juga memiliki kanal berita harian yang dikurasi dari portal-portal berita ternama, serta sistem dynamic content yang mampu menyesuaikan tayangan berdasarkan cuaca, waktu, dan kondisi sekitar.

Kini dengan kehadiran konten komedi dari Comika, AMG menegaskan kembali visinya sebagai media luar griya yang tidak hanya informatif, tapi juga menghibur dan kontekstual.

“Kami ingin agar audiens kami merasa konten yang mereka lihat relevan, menghibur, dan punya nilai lebih dari sekadar promosi produk. Dengan adanya kolaborasi ini, kami yakin bisa menciptakan pengalaman baru dalam menikmati media luar griya yang tidak hanya dilihat, tapi juga dirasakan,” tutup Megain Widjaja.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan langsung oleh CEO Alternative Media Group, Davy Makimian; Founder Alternative Media Group, Megain Widjaja; serta CEO Comika, Pandji Pragiwaksono. Melalui sinergi ini, AMG dan Comika ingin menyampaikan bahwa inovasi dalam media luar griya bukan semata tentang kemajuan teknologi atau format visual yang canggih, tetapi juga tentang memahami manusia dan kesehariannya. Di tengah rutinitas yang padat, kebutuhan akan hiburan yang cerdas dan menghibur menjadi semakin relevan. Kolaborasi ini menjadi langkah konkret untuk menghadirkan konten yang tidak hanya dilihat, tetapi juga dirasakan dan dinikmati oleh audiens di momen-momen tak terduga.

 



Contact Person AMGContact Person AMG